Cantik dengan bersyukur

Ukhti jangan cemberut, berhentilah berkomentar atau mengeluhkan kecantikan perempuan lainnya seakan mereka lebih cantik darimu.
Tersenyumlah, kau tahu terkadang pujian tidak selamanya terasa menyenangkan. Karena pujian bisa menjadikan beban dan menimbulkan efek sedikit kesombongan di hati bukan?
Ukhti, jangan bersedih berhentilah mengeluh. Berhentilah merasa dirimu adalah perempuan terjelek. Tanpa kau sadari, mungkin di luar sana ada yang menginginkan untuk menjadi dirimu. Ada orang yang mungkin menyukaimu tanpa pandangan fisik semata.
Ukhti, syukurilah segala sesuatu yang telah Allah anugrahkan kepadamu. Tak peduli betapa tipisnya alismu, seberapa tinggi badanmu, seberapa gemuk dirimu, atau apa pun itu, semua adalah pemberian-Nya bukan? Jika kau tidak mensyukurinya, artinya kau meremehkan ciptaan-Nya, kan?
Ukhti, berhentilah mengeluh. Belajarlah menerima dirimu
Kau tahu cantik itu tak selalu tentang fisik. Tunjukkan kecantikan batinmu, kecerdasan berpikirmu, bahkan keahlianmu yang tidak dimiliki orang lain. Apalagi kemuliaanmu, ketaqwaan mu, kelembutanmu, penjagaanmu. Itu lebih dari segalanya. Ukhti, percayalah, kecantikan yang tak terlihat itu lebih mengagumkan daripada kecantikan yang selalu dipamerkan.
Apa katamu?
Tak ada yang ingin denganmu??
Ukhti, kau tidak perlu menjadi sempurna untuk menemukan seorang pangeran yang sempurna. Akan ada yangg mampu menerima kamu apa adanya, seperti kamu mampu menerima dirimu sendiri. Untuk hidup bersama tak bisa hanya diandalkan dengan kecantikan semata. Ia butuh figur wanita hebat lagi shalihah tak hanya handalkan penampingan semata untuk mendidik penerusnya.

Ukhti ketika kau telah mampu menerima dirimu sendiri, menerima kurangmu. Ketahuilah kelak Allah akan kirimkan seseorang yang juga akan menerima kamu apa adanya satu paket dengan segala ketidaksempurnaanmu.
Jadi berhentilah mengeluh
Kau cantik dengan akhlakmu

®
Padang, 2016
“Sahabat Hijrah”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita dibalik Jilbab

Faidza ‘Azamta Fatawakkal ‘Alallah

Pilihan Hidup