INLANDER NGERTI APA

Dalam Kamus besar bahasa indonesia inlander/in·lan·der/ n sebutan ejekan bagi penduduk asli di Indonesia oleh orang Belanda pada masa penjajahan Belanda; 

Pribumi "Tahu apa orang Indonesia tentang kemanusiaan?", Ujar seorang bule Belanda petinggi Nederlandsche Roode Kruis Afdeeling Indië (NERKAI) kepada dr. Bahder Djohan dengan nada mengejek. 

Hinaan itu muncul saat dua dokter muda "Inlander" mengajukan proposal pendirian badan palang merah di Indonesia pada sebuah konferensi Nerkai tahun 1943. Dr. Bahder Djohan dan RCL.

Senduk terhenyak, dan merasa terhina. dr. 

Bahder pun menjawab; "Kami kaum pribumi mengerti arti kemanusiaan seperti halnya tuan, namun kami lebih paham dari tuan karena kami merasakan penderitaan yang begitu lama". Semua yang hadir di konferensi Nerkai ini hening membisu. 

Mencoba menyangkal dalam pikiran mereka bahwa pernyataan dari dokter muda Indonesia itu memang benar. Dua dokter muda Indonesia itu kemudian pamit, dan menyampaikan kata penutup;


 "Tuan-tuan, kemanusiaan itu bagi kami adalah tidak hanya tolong menolong, hakikat sebenarnya adalah perhormatan kepada martabat manusia dan bangsanya!". 

Dr. Bahder Djohan dan RCL. Senduk pulang dengan kecewa. Sepedapun mereka kayuh kuat-kuat. 

"Tunggu saatnya merdeka...", Gumam mereka dalam hati.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita dibalik Jilbab

Faidza ‘Azamta Fatawakkal ‘Alallah

Pilihan Hidup