Dibalik Punggung Kita



Tentang ketidaktahuan kita pada apa yang dikatakan oranglain di balik punggung kita. Ketahuilah, hati kita tidak akan siap mendengar  seluruh perbincangan manusia tentang kita. Akan ada sakit dari cela yang muncul oleh seseorang yang tidak kita duga. Akan tumbuh riya'dari pujian yang bahkan kita tidak pantas mendapatkannya. 

Akan ada kecewa, akan ada harapan, akan ada pukulan yang sangat dalam, menghujam dada kita. Maka berhentilah mencuri dengar, berhentilah mencari tahu apa yang dikatakan orang lain di belakang kita. Sesungguhnya itu adalah salah satu wujud kasih sayang Allah kepada hamba-hamba-Nya. Sebab hati kita lemah, terhadap kebaikan atau keburukan yang datang melalui manusia untuk kita. 

***

Segala puji bagi Allah, yang telah menutup hal hal yang apabila kita membukanya, ternyata banyak lukanya. Segala puji bagi Allah, yang menjadikan banyak hal sebagai rahasia. Entah itu kebaikan atau sebaliknya.

Coba saja kita dengar semua umpatan manusia untuk kita, apa masih yakin kita sanggup meredamnya. Coba saja kita tahu setiap pujian manusia untuk kita, apa tidak congkak hati kita dan luluh lantah amalan kita.

Maka tak perlu berusaha mencarinya, tak perlu bertanya-tanya ‘eh iya, tadi mereka bilang apa’. Insyaallah, dengan begitu hati menjadi lebih dekat dengan bahagia. 

(Terimakasih pesannya teh Avil) 

🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita dibalik Jilbab

Faidza ‘Azamta Fatawakkal ‘Alallah

Pilihan Hidup