Sesekali Menengoklah Pada Mereka

 


Tentang waktu yang terus kita sabari dan syukuri. Perihal apapun yang membuat hati perih tak terpatri, juga senyuman melengking di wajahmu yang tak terdefinisi indahnya. 

Sesekali menengoklah, melihat kenangan juga langkah-langkah perjuangan yang telah berhasil kamu lalui. Bukankah kamu bisa melewatinya? 

Tentang orang-orang jahat yang sekadar singgah untuk meninggalkan jejak luka, jangan lupa berterima kasih padanya. Sebab dengannya kamu bisa belajar mendewasa juga dengannya kamu belajar untuk tak membalas kejahatan serupa. 

Menengoklah, ingatlah saat orang-orang jahat itu merusak mentalmu, menghancurkan impianmu, menguras air matamu, lalu maafkan dan kuatlah. Bukankah karenanya kamu menemukan jalan menuju-Nya? 

Sesekali menengoklah, pada mereka yang mengkhianati mu. Saat kepercayaan telah dibangun dengan sedemikian rupa. Bukan karena ekspektasi mu yang tinggi, tapi dengannya kamu sekarang tahu pada siapa seharusnya menaruh percaya, kan? 

Sesekali menengoklah, pada mereka yang merasa tersakiti olehmu. Bukankah Allah selalu tahu apapun tentang kebenaran? Tak perlu mencari pembelaan, pun tak perlu mendoakan keburukan. Karena dengannya kamu tahu bahwa Allah tak pernah diam pada mereka yang dzolim. 

Sesekali menengoklah, kenanglah mereka yang berbuat jahat padamu. Lalu langitkan doa-doa baik untuk nya. Sebab doa baik akan kembali pada mereka yang mendoakan. Jangan mencelah, jangan menyumpahi, jangan. Sebab itu hanya akan menguras energi positif dalam tubuhmu. Karenanya kamu tahu bahwa kejahatan tak perlu dibalas dengan hal serupa yang lebih menyakitkan. 

Sesekali menengoklah pada mereka, tersenyumlah, ucapkan terima kasih. Karena atas izin-Nya, mereka menjadi wasilahmu menjadi versi terbaik menurut Allah. 

Kuat-kuat yah, 

Kamu tidak sendiri, ada doaku yang senantiasa mengiringi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita dibalik Jilbab

Faidza ‘Azamta Fatawakkal ‘Alallah

Pilihan Hidup