Belajar Memaknai Hidup

OLEH: -SyifaKenedi
Dalam hidup, tentu semua kita ingin mendapatkan yang terbaik. Tentu tidak ingin aral melintang didepan yang menyulitkan jalan kita. Kadang kita bosan, kita letih, kenapa kesusahan melulu yang menghampiri. Tapi sadarkah kita, bahwa semua terjadi tidak hanya dengan kebetulan semata. Semua punya arti, semua punya makna.  Misalnya saja ada seorang mahasiswa kedokteran yang selalu mendapat nilai jelek dalam pelajaran tentang jantung. Dia bahkan harus remedial berkali-kali agar bisa lulus dalam materi perkuliahan tentang jantung tersebut. Dia belajar berkali-kali, berulang-ulang untuk bisa lulus. Dia letih, bahkan mungkin dia malu dengan teman-teman yang mudah saja lulus dalam materi tersebut. Tapi apa yang terjadi padanya kemudian hari yang tidak kita sangka-sangka? Dia pada akhirnya menjadi seorang dokter spesialis jantung. Karena apa? Rasa cintanya pada jantung yang tumbuh ketika belajar berkali-kali tentang materi tersebut, atau  dia sudah lebih paham tentang materi tersebut karena berulang kali mempelajarinya untuk persiapan remedial dahulu.  Itu hanya salah satu contoh dari sekian banyak kejadian yang mungkin tidak kita sadari maknanya.
Ketika kita tidak peduli dengan hikmah dibalik sebuah masalah, maka Allah akan terus menerus menghadapkan kita dengan masalah kehidupan, sampai kita benar-benar berubah seperti yang diharapkan-Nya baru masalah tersebut akan diangkat dari hadapan kita.
Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah; dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. [QS Ath-Thagabuun (64):11]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita dibalik Jilbab

Faidza ‘Azamta Fatawakkal ‘Alallah

Pilihan Hidup