Bendera Merah Putih

Banyak isyarat yang termaktub dalam berbagai simbol- simbol budaya.
.
Sekapur Sirih, artinya kapur dan sirih yang melahirkn warna merah. Seulas Pinang, artinya jika pinang dibelah pasti berwarna putih. Demikian pula pada foto diatas atau pembangunan- pembangunan disekitar kita yang disertai dikibarkannya Bendera Merah Putih, merupakan bahasa do'a memohon syafaat Rasulullah Saw. Lalu ada juga budaya dalam upacara pemberian nama bayi atau tahun baru Islam dengan membuat bubur merah putih.
.
Mungkinkah bangsa Indonesia memiliki Sang Saka Merah Putih jika Ulama tidak membudayakan warna merah putih sedemikian rupa- rupa wujud budayanya?
.
Warna Merah Putih berasal dari bendera Rasulullah Saw. Memberikan pengertian sebagai lambang kemanusiaan yang kehadirannya dimuka bumi adalah karena takdir Allah.
.
Pernyataan Rasulullah tentang Merah Putih ini diangkat oleh Imam Muslim.
"Allah menunjukkan padaku bumi. Aku ditunjukkan pula timur dan baratnya. Allah menganugerahkan kepadaku warna yang indah—Merah Putih." Kitab Al- Fitan, Jilid X, halaman 340.
.
Dari dasar inilah para Ulama Indonesia sejak abad ke-7M memgembangkan Bendera Merah Putih menjadi bendera umat Islam sebagai mayoritas bangsa Indonesia. Juga dibudayakan sebagai lambang penyambutan kelahiran bayi dan tahun baru islam dengan bubur merah putih. Pada saat membangun rumah dikibarkanlah Bendera Merah Putih di bubungan atap rumah.
.
Disadur dari buku Api Sejarah- Ahmad Mansur Suryanegara

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita dibalik Jilbab

Faidza ‘Azamta Fatawakkal ‘Alallah

Pilihan Hidup